Oleh: ijoels1973 | September 13, 2008

* As Suyuthi (849 – 911 H)

Nama lengkap beliau adalah Jalaluddin Abdurrahman bin al Kamal bin Abi Bakar bin Muhammad as Suyuthi, lahir pada tahun 849H dan wafat tahun 921 H.

Beliau adalah seorang Ulama Besar dalam madzab Syafi’i penganut I’itiqad Ahlussunnah wal Jama’ah (Sunny). Pada waktu muda beliau pindah-pindah dari satu negeri ke negeri lain mencari ilmu, dari Bagdad sampai ke Syria (Syam), sampai ke Hijaz, Yaman, India, Marokko, Tekruri dan lain-lain daerah Islam ketika itu.

Beliau mengarang kitab-kitab agama sampai 300 buah banyaknya, yang terdiri dari kitab-kitab hadits, fiqih, tafsir, nahwu, sharaf, bayan, ma’ni, badi’i dan lainlain.

Di antara kitab-kitab hasil karya beliau yang terpakai sampai sekarang di seluruh dunia Islam, adalah “Tafsir Jalalein”,. yaitu karya dua orang yang bernama Jalal. Tafsir Jalalein ini merupakan lanjutan dari karya Al Mahalli.

Walaupun beliau salah seorang yang sangat luas dan dalam ilmunya, namun beliau belum berani menda’wakan diri sebagai Imam Mujtahid, akan tetapi masih tetap menganut Madzhab Syafi’i Rahimahullah. Ini adalah satu bukti bahwa derajat Imam Mujtahid Muthlaq itu sangat sulit untuk dicapai karena mempunyai banyak syarat.

Iklan

Kategori

%d blogger menyukai ini: